4 Penyebab Baterai Laptop Rusak Yang Harus Anda Hindari

Hargatop.com – Baterai merupakan nyawa dari sebuah laptop, tentunya setiap orang yang memiliki laptop pasti menginginkan baterainya awet. Namun banyak juga orang yang tidak memperdulikan itu, banyak orang membiarkan baterai laptopnya rusak atau dapat dikatakan drop.

Advertisement

Mungkin dapat di atasi dengan membeli baterai laptop yang baru, namun baterai laptop yang bukan asli bawaan dari laptopnya juga dapat dipastikan tidak akan tahan lama seperti baterai bawaanya dan baterai original pun pasti harganya juga cukup mahal.

Oleh karena itu anda sebagai pemilik laptop wajib merawat baterai laptop agar awet. Untuk melakukan pencegahan akan kerusakan baterai, anda dapat memulai dengan mengetahui apa saja penyebab baterai laptop rusak, berikut ini beberapa penyebabnya.

4 Penyebab Baterai Laptop Rusak Yang Harus Anda Hindari

4 Penyebab Baterai Laptop Rusak Yang Harus Anda Hindari

Mengisi ulang sambil bekerja

Bekerja dengan menggunakan laptop menjadi kewajiban bagi beberapa orang yang tidak bisa ditinggalkan, dan akhirnya orang tersebut mengorbankan laptopnya karena dia menggunakan laptop untuk bekerja sambil mengisi ulang daya baterai laptop yang sedang di pakainya. Hal itu sangat beresiko membuat baterai laptop menjadi rusak. Apalagi jika laptop anda gunakan untuk melakukan pekerjaan yang berat misalnya membuka aplikasi yang berat dan bahkan game. Cara untuk mengatasinya yaitu anda harus mengisi ulang baterai dalam keadaan laptop mati sehingga baterai laptop pun aman.

Berlebihan dalam menggunakan laptop

Sama seperti manusia, laptop pun juga butuh waktu untuk beristiahat. Jika dinyalakan dan digunakan untuk bekerja secara terus menerus, ini membuat baterai laptop menjadi korbannya. Hal ini akan lebih parah jika anda menggunakan laptop untuk menjalankan program berat yang memakan banyak daya dari baterai. Oleh karena itu, gunakan laptop dalam batas yang wajar sehingga tidak merusak perangkatnya.

Baca juga Cara Cek No IMEI Hp Anda Asli atau Palsu.

Laptop mati dengan baterai kosong

Jika anda sering mematikan laptop dan membiarkannya meskipun baterai laptop tersebut habis, itu merupakan salah satu penyebab kerusakan baterai laptop. Walaupun laptop anda sudah berada dalam keadaan off, maka daya untuk baterai pun masih dibutuhkan untuk menyuplai daya ke perangkat perangkat laptop tersebut. Pastikan baterai laptop anda tidak kosong ketika akan dimatikan, sisakan baterai meskipun hanya 20%.

Menyalakan laptop di atas bantal

Tanpa anda sadari hal ini juga membuat baterai laptop cepat rusak. Mungkin ini sering dilakukan banyak orang ketika sedang asyik dengan laptopnya, padahal ternyata hal ini beresiko merusak tak hanya baterai laptop namun juga komponen laptop lainnya yang rawan panas.

Hal itu disebabkan karena ketika berada di atas bahan yang empuk misalnya bantal, maka panas dari laptop tersebut akan mengumpul di bantal, dan semakin lama juga akan semakin panas sehingga membuat bagian laptop juga menjadi panas.

Tak terkecuali baterai laptop, jika baterai laptop sudah panas karena digunakan untuk mensuplay daya ataupun ketika diisi ulang dan masih ditambah lagi panas dari bantal tersebut maka baterai akan menjadi semakin panas. Panas tersebut dapat merusak baterai laptop sekaligus komponen lain yang berdekatan dengan baterai.

Advertisement

Demikian artikel tentang 4 Penyebab Baterai Laptop Rusak Yang Harus Anda Hindari, semoga bermanfaat. Jika anda suka, bagiin 4 Penyebab Baterai Laptop Rusak Yang Harus Anda Hindari ke teman lain yang belum tahu bagaimana caranya. Jangan lupa baca juga: Inilah Trik Rahasia Cara Optimalkan Android Jelly Bean.

4 Penyebab Baterai Laptop Rusak Yang Harus Anda Hindari | Rikho Jansen | 4.5