Cara Menggunakan & Mengatur Aplikasi Notifikasi di Android Lollipop

Google beberapa waktu lalu telah merilis versi terbaru Android versi 5.0 Lollipop. Salah satu fitur yang dihadirkan memungkinkan anda mengendalikan notifikasi ponselnya sehingga tidak mengganggu waktu istirahatnya. Dengan demikian anda tidak perlu terbangun jam 2 pagi hanya karena bunyi notifikasi ponsel.

Advertisement

Cara menggunakan dan mengatur aplikasi notifikasi di Android Lollipop yakni pertama anda harus menuju ke menu Settings, lalu ke Sound & Notification.

Cara Menggunakan dan Mengatur Aplikasi Notifikasi di Android Lollipop

Interupsi prioritas (Priority Interruptions)

Android 5.0 Lollipop memperkenalkan konsep notifikasi prioritas. Jika anda memilih fitur ini, berarti anda menganggap notifikasi tersebut sangat penting dan akan tampil di bagian atas layar notifikasi. Anda akan terus mendapat peringatan secara audio maupun lewat getaran untuk notifikasi prioritas ini, bahkan saat seluruh notifikasi dalam kondisi diam.

Cara Menggunakan Aplikasi Notifikasi Android Versi Lollipop

 

Jika anda ingin mendapat peringatan hanya melalui jenis notifikasi ini, tekan Interruptions. Dari layar ini anda dapat memilih untuk membatasi notifikasi yang ada, bahkan membatasinya hanya di jam-jam tertentu.

Pertama, cara anda mengatur prioritas yakni dengan menekan ‘When calls and notifications arrive‘. Akan muncul menu dengan 3 pilihan :

  • Selalu interupsi yang membiarkan seluruh notifikasi baik panggilan maupun pesan singkat, hingga update aplikasi
  • Mengijinkan hanya interupsi prioritas dimana akan mengingatkan anda pada notifikasi tertentu, panggilan, pesan, acara atau pengingat. Ada dapat memilih mana yang ingin diaktifkan.
  • Jangan interupsi yang artinya mematikan tanda pengingat dari seluruh notifikasi.

Misalkan anda ingin membatasi pengingat hanya untuk interupsi prioritas, maka anda dapat memilih ‘Allow only priority interruptions‘ pada menu. Saat melakukan hal tersebut, kemudian anda harus memilih notifikasi mana yang merupakan prioritas. Umpamanya anda memilih acara dan pengingat, panggilan dan pesan sebagai notifikasi prioritas, maka setiap notifikasi dari hal-hal terkait akan selalu ditampilkan.

Saat memilih panggilan dan pesan sebagai interupsi prioritas, tekan Panggilan/pesan dari, dan pilihlah daftar nomor hp yang menjadi prioritas dari daftar kontak.

Baca juga: 

Menghentikan (Downtime)

Apabila anda ingin menghentikan notifikasi di waktu-waktu tertentu, seperti pada waktu tidur atau ketika sibuk di kantor, maka fitur Downtime sangat tepat untuk anda. Saat waktu yang ditetapkan melalui Downtime, anda hanya akan menerima pengingat dari interupsi prioritas, sementara notifikasi lainnya tidak akan mengganggu anda. Notifikasi lain tetap diterima ponsel, namun tidak akan membuat lampu notifikasi berkedip atau menimbulkan suara atau getaran.

Cara menggunakan fitur Downtime yakni anda harus memilih hari dan waktu tertentu yang ingin anda ‘diamkan‘. Mulailah dengan menekan Hari dan pilih hari dalam seminggu saat ponsel anda harus diam, lalu tekan ‘selesai‘. Kemudian tekan waktu mulai dan waktu selesai masing-masing diikuti ‘OK‘.

Notifikasi aplikasi (App Notifications)

Fitur di Android versi Lollipop ini memungkinkan anda menghentikan kiriman notifikasi dari berbagai aplikasi secara keseluruhan atau memilih notifikasi dari aplikasi-aplikasi tertentu sebagai notifikasi prioritas.

Untuk cara menggunakannya, pada layar Sound & Notification, anda harus bergulir ke bawah dan menekan App Notifications. Lalu tekan aplikasi-aplikasi yang ingin disesuaikan pengaturan notifikasinya. Aktifkan slider Block ke posisi ON untuk menghentikan notifikasi dari aplikasi tersebut. Atau aktifkan slider Priority ke posisi ON jika anda ingin notifikasi dari aplikasi tersebut termasuk dalam notifikasi prioritas.

Untuk cara mengatur notifikasi dari sebuah aplikasi, anda juga dapat menuju halaman pengaturan saat notifikasi dari aplikasi tersebut tampil dengan menekan agak lama di notifikasi sampai muncul tombol info berbentuk huruf ‘i‘ di dalam lingkaran. Tekan tombol tersebut dan anda akan langsung dibawa menuju halaman pengaturan notifikasi untuk aplikasi tersebut.

Advertisement

Demikian informasi Cara Menggunakan dan Mengatur Aplikasi Notifikasi di Android Lollipop yang dilansir dari PCWorld. Kami tidak menjamin keberhasilan cara ini karena sangat tergantung pada cara penggunaan anda sendiri dan perubahan tampilan maupun aturan terbaru dari Google Play Store dan Update Android versi Lollipop. Selamat mencoba, Semoga bermanfaat! Jika anda suka, bagiin Cara Cara Menggunakan & Mengatur Aplikasi Notifikasi di Android Lollipop ke teman lain yang belum tahu bagaimana caranya.

Cara Menggunakan & Mengatur Aplikasi Notifikasi di Android Lollipop | Rikho Jansen | 4.5