Harga Yamaha Scorpio Z, Motor Sport 223 CC

Harga Yamaha Scorpio Z – Scorpio Z merupakan varian motor sport yang diproduksi mulai dari tahun 2006 oleh pabrikan Yamaha. Scorpio Z sendiri adalah andalan produsen berlogo garpu tala dalam menghadapi kompetisi di jajaran motor kelas menengah. Jika dibandingkan dengan dua produk motor Yamaha lainnya yang masih dianggap satu tingkat, yakni V-Ixion dan Byson, Scorpio Z jelas mengungguli keduanya, dari segi performa dan kapasitas, dan oleh karenanya juga dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Motor ini pun menjadi andalan para pengendara yang hobi melakukan tur jarak jauh. Berikut kami ulas spesifikasi dan harga Yamaha Scorpio Z untuk anda.

Advertisement

Spesifikasi Yamaha Scorpio Z

Daya dapur pacu yang dibenamkan ke dalam Scorpio Z memang membuat banyak pengguna kendaraan bermotor akan tercengang. Jauh diatas Byson dan V-Ixion yang berkapasitas sekitar 150 cc, Yamaha Scorpio Z dibekali dengan mesin 223 cc. Dengan tipe 4 langkah, 2-valve SOHC berpendingin udara. Daya maksimal yang dapat disemburkan Scorpio Z adalah sebesar 18,22 Ps (13,4 kW) dalam 8000 putaran roda per menit. Sedangkan torsi maksimum yang bisa dihasilkan adalah 17,5 Nm per 6500 putaran roda per menit. Sistem transmisinya sendiri menggunakan 5 kecepatan.

Kapasitas tangki minyaknya mencapai 13 liter dengan cadangan sebesar 2,5 liter. Sayangnya, teknologi bahan bakar injeksi YMJET-FI belum diaplikasikan ke dalam Scorpio Z sehingga masih menggunakan pengapian karburator seperti halnya Byson. Rem belakangnya juga masih menggunakan sistem tromol. Berat keseluruhan motor ini mencapai 142 kilogram.

Sebagai tambahan, Yamaha juga memiliki motor sport lainnya yang sangat dimintai pasar yakni Yamaha R15 dan Yamaha R25. Kedua motor sport 150 cc dan 250 cc ini sudah diproduksi di Indonesia menjadi motor lokal yang akhirnya diekspor ke luar negeri.

Harga Yamaha Scorpio Z Lengkap

MESIN

Menggunakan tipe Mesin yaitu 4 Langkah, 2 Valve SOHC, bersistem pendingin Udara.
Efek / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak.
Volume Silinder milik yaitu 223 cc.
Diameter x Langkah adalah 70,0 x 58,0 mm.
Perbandingan Kompresi mesin yaitu 9,5: 1.
mampu mengahasilkan Daya Maksimum sebesar 13,4 kW / 8000 rpm dan torsi maksimumnya adalah 17,5 Nm / 6500 rpm.
menggunakan 2 Sistem Starter yaitu Electric Starter Dan kick Starter.
menggunakan Sistem pelumasan tipe: Basah .
Kapasitas Oli Mesin Y: Total: 1,4 Liter / Penggantian periodik / Berkala adalah 1,2 Liter.
Sistim Bahan Bakar yang ada pada adalah : Karburator BS30 x 1.
Tipe Kopling yang digunakan yaitu Basah, Kopling Manual serta Multiplat .
Tipe Transmisi yaitu Return, 5 Kecepatan.
Pola Pengoperasian Transmisi dari : 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5.

RANGKA

menggunakan Tipe Rangka kuat jenis : Cradle Ganda.
Suspensi depan adalah Teleskopik , Suspensi Belakang Yamaha Scorpio Z : Lengan Ayun, Suspensi Monocross.
Ban depan berukuran 80/100-18M/C 47P.
Ban Belakang berukuran lebih besar yaitu 100/90-18M/C 56P.
Rem depan menggunakan rem Cakram.
Rem belakang masih bersenjatakan rem Tromol.

KELISTRIKAN

Sistem Pengapian menggunakan sistem CDI.
Baterai berjenis GM7B-4B, YB7-B (12V 7Ah).
Busi yang dipakai oleh nya tipe D8EA -9 (NGK).
Sumber: Yamaha Motor Indonesia

Desain Yamaha Scorpio Z

Rangka bodi Yamaha Scorpio Z menggunakan jenis Cradle ganda, dimana suspensi depan dibekali dengan jenis teleskopik, sedangkan suspensi belakang menggunakan sistem lengan ayun (monocross). Warna yang dapat anda pilih yaitu hitam, merah, dan terakhir adalah Special Edition , mengingat generasi Scorpio Z telah berhenti di tahun 2014 kemarin dan akan digantikan oleh Yamaha R25 mulai tahun ini. Jumlah unitnya pun terbatas yakni 1000 unit saja di pasar Indonesia, karena diakui bahwa pamor Yamaha Scorpio Z tidak sementereng kedua saudaranya yakni V-Ixion dan Byson.

Harga Yamaha Scorpio Z Lengkap

Harga Yamaha Scorpio Z ditawarkan dengan varian berdasarkan edisinya. Ini merupakan edisi terakhir penutup produksi Yamaha Scorpio Z di Indonesia. Harga motor sport ini masih terbilang cukup terjangkau di pasaran. Berikut harga Scorpio Z:

Yamaha Scorpio Z (CW) baru: Rp. 25.000.000
Yamaha Scorpio Z Limited Edition baru: Rp. 25.500.000

Advertisement

Harga Yamaha Scorpio Z baru diatas dapat berubah sewaktu-waktu dan bisa berbeda-beda di tiap wilayah daerah tempat tinggal anda di Indonesia. Harga motor Scorpio Z 223 cc diatas didasarkan harga pasar on the road-nya di Jakarta. Harga motor sport Scorpio Z terbaru Desember 2016 cek disini.

Harga Yamaha Scorpio Z, Motor Sport 223 CC | Rikho Jansen | 4.5