Inilah yang Membuat PC atau Laptop Menjadi Lambat

Hargatop.com – Kecepatan sebuah pc menjadi hal penting yang kebanyakan orang menginginkannya. Hal tersebut karena dengan pc yang cepat dan kencang maka kita akan mengerjakan segala hal dari pc tersebut lebih cepat pula. Sebaliknya pc yang lambat justru menjadi hal yang paling dibenci banyak orang karena pekerjaannya menjadi terhambat.

Advertisement

Bagi seorang gamer maka wajib hukumnya untuk memiliki pc dengan kecepatan yang baik, hal itu karena jika pc yang dimiliki lambat maka game yang dimainkannya menjadi ngelag. Tak hanya game, aplikasi aplikasi yang berat pun juga menjadi lambat jika kecepatan pc tersebut lambat. Banyak sekali faktor yang menentukan kecepatan sebuah pc dari perangkat keras yang dipakainya maupun dari sistem sistem di pc tersebut. Berikut ini beberapa penyebab pc menjadi lambat yang perlu anda ketahui.

Inilah yang Membuat PC atau Laptop Menjadi Lambat

RAM yang kecil

Ukuran kapasitas sebuah RAM sangat menentukan kecepatan pc, dengan kapasitas RAM yang kecil maka pc juga akan lebih lambat daripada pc yang memiliki kapasitas RAM lebih besar. Hal itu karena RAM berfungsi dalam multitasking dan menyimpan perintah perintah dari software atau aplikasi yang anda jalankan. Jika RAM di pc anda berkapasitas besar maka anda dapat menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan dengan lancar.

Terinfeksi virus

Virus menjadi penyebab utama sebuah pc menjadi lambat. Hal itu karena virus akan menyerang sistem sistem tertentu dalam pc anda sehingga beberapa komponen pc anda kinerjanya menjadi lambat dan tidak optimal. Oleh karena itu selalu pastikan pc anda bebas dari virus, dengan melakukan scan secara rutin dan ketika mendownload file di internet, pastikan file tersebut aman dari virus. Jika virus sudah menyebar maka mungkin pc anda perlu di install ulang.

Berlebihan dalam penggunaan

PC sama seperti manusia yaitu butuh waktu untuk istirahat, jangan biarkan pc anda menyala terus menerus dalam waktu yang lama sehingga menjadi panas. Hal tersebut mampu membuat pc menjadi lambat. Oleh karena itu batasi penggunaan pc setiap harinya, cara lainnya jika anda menggunakan laptop, maka anda bisa menggunakan cooling pad untuk mendinginkan laptop yang panas.

Terlalu banyak program

Penyebab pc menjadi lambat lainnya yaitu karena anda memasang banyak program di pc. Dengan program yang terlalu banyak tentunya juga akan memakan memory yang banyak sehingga hal itu membuat pc menjadi lambat. Maka pastikan pc anda bersih dari program yang tidak penting, jika anda tidak benar benar perlu maka sebaiknya anda hapus program tersebut dari pc.

Banyak sekali faktor yang menentukan kecepatan sebuah pc. Jika anda menginginkan pc yang cepat maka anda dapat menghindari beberapa penyebab di atas. Namun cara lain yaitu dengan membeli sebuah pc atau laptop yang berspesifikasi tinggi dan tentunya berkecepatan tinggi.

Advertisement

Car tahu tentang 4 Penyebab Baterai Laptop Rusak Yang Harus Anda Hindari.

Inilah yang Membuat PC atau Laptop Menjadi Lambat | Rikho Jansen | 4.5