Spesifikasi Harga Nokia X, X+ dan XL Hp Android Murah

Nokia membuat kejutan dengan memperkenalkan 3 ponsel seri X yaitu Nokia X, Nokia X+ (Plus) dan Nokia XL, berharga murah yang lebih ditargetkan bagi negara-negara berkembang. Yang mengejutkan, kali ini Nokia tidak memilih Windows Phone sebagai sistem operasi yang diusungnya, namun menggunakan Google Android. Keputusan ini cukup mengagetkan, apalagi seperti diketahui bahwa Nokia akan segera melebur dalam kerajaan Microsoft melalui transaksi pembelian bisnis ponsel Nokia dan hak paten oleh Microsoft seharga US$7,3 miliar yang diharapkan prosesnya akan selesai bulan depan.

Menurut Jussi Nevanlinna – Vice Presiden Nokia bidang pemasaran produk menjelaskan, perusahaan asal Finlandia tersebut akan memposisikan Nokia X sebagai jembatan ke smartphone Windows papan atas di bawah naungan merek Lumia. Sedangkan, Lumia akan terus menjadi strategi utama Nokia dalam persaingan di dunia smartphone. Nokia sendiri pernah merajai dunia ponsel, namun kemudian harus mengakui keberadaan iPhone dan berbagai ponsel ber-OS Android. Nokia juga cukup merasakan kompetisi sengit dari berbagai ponsel mobile murah besutan Cina atau perusahaan Asia lainnya.

Harga Nokia XL android

Sebagai ponsel yang khususnya menyasar pasar negara berkembang, Nokia X berfitur dual SIM yang dibanderol harga jual US$122 ini mengusung layar tampilan IPS resolusi 800 x 480 pixel ukuran 4inch plus kamera 3MP. Ponsel setebal 10mm bobot 128.66 gram ini menghadirkan tombol home di bagian bawah layar yang juga berfungsi sebagai tombol back. Sementara X+ memiliki spesifikasi serupa Nokia X dengan layar berukuran 4inch namun ditambah kehadiran slot kartu SD (hingga 32GB).  Nokia XL dilengkapi layar WVGA 5inch, kamera utama 5MP plus autofokus dan lampu kilat LED serta kamera depan 2MP. Ketiganya dilengkapi prosesor Qualcomm Snapdragon dual-core.

Meski secara teknis ketiga serial X dari Nokia tersebut dijalankan dengan Android, namun sebenarnya X tidak benar-benar menyajikan pengalaman ber-Android yang sesungguhnya. Faktanya, software yang dibenamkan di dalamnya hampir sama sekali tidak serupa dengan ponsel Android pada umumnya. Nokia menciptakan platform mobile hibrida yang dijalankan pada Google Android Open Source Project. Nokia X Software platform yang menggunakan kode open source Android sebagai basisnya ini memungkinkan ponsel tersebut menjalankan berbagai aplikasi Android dengan lancar tanpa ada kendala apapun.

Di lapisan atas Android 4.1, Nokia melengkapi seri X dengan antarmuka yang merupakan gabungan dari Asha dan OS Windows Phone. Pada layar awal (home screen), dihadirkan model ubin seperti di Windows Phone, berbentuk kotak-kotak yang dapat diurutkan dan disesuaikan ukurannya sesuai selera pengguna. Namun tidak semua ubin tersebut bersifat dinamis. Sementara di layar kedua, pada intinya menggunakan Asha Fastlane yang memungkinkan pengguna melakukan berbagai aktifitas seperti update status dan notifikasi.

Layanan yang dihadirkan pun merupakan paduan dari layanan Microsoft dan aplikasi Nokia sendiri. Peta Nokia Here, Mix Radio, Microsoft OneDrive, Outlook dan Skype turut melengkapi seri Nokia X. Jika sesuai jadwal, Nokia X akan mulai hadir minggu pertama bulan Maret khususnya di sejumlah negara berkembang, termasuk Indonesia. Sementara Nokia X+ dan XL mulai hadir diawal kuartal kedua tahun ini. Seri X dari Nokia akan hadir dalam berbagai pilihan warna cerah seperti hijau terang, cyan, merah, kuning, hitam dan putih.(Dl/cnet, abcnews).

Update Harga Nokia X smartphone Android:

  • Harga Nokia X di Indonesia sekitar Rp. 1,5 juta
  • Harga Nokia X+ di Indonesia sekitar Rp. 1,6 juta
  • Harga Nokia XL di Indonesia sekitar Rp. 1,8 juta

Spesifikasi Nokia X dan Nokia X+ (plus) dual sim:
– Prosesor: Qualcomm Snapdragon S4 Dual Core 1 GHz
– Memori: RAM 512 MB, 768 MB (Nokia X+)
– Kapasitas simpan data: 4 GB, dapat ditingkatkan dengan MicroSD hingga 32 GB
– Layar: IPS LCD 4 inci WVGA (800 x 400), 233 ppi
– Konektivitas: dual SIM (MicroSIM), Micro-USB, USB 2.0, Bluetooth 3.0, WiFi 802.11 b/g/n
– Sensor: ambient light sensoraccelerometerproximity sensor
– Jaringan: WCDMA: 900 MHz, 2100 MHz; GSM: 850 MHz, 900 MHz, 1900 MHz
– Kamera utama: 3 MP, f/2.8, no flash
– Kamera depan: tidak tersedia
– Dimensi fisik: 115,5 x 63 x 10,4 mm
– Bobot: 128,7 gram
– Baterai: 1.500 mAh (baterai bisa dilepas)
– Sistem operasi: platform Nokia X (Android AOSP)
– Warna: hitam, biru, hijau, merah, putih, dan kuning

Spesifikasi Nokia XL dual sim:
– Prosesor: Qualcomm Snapdragon S4 Dual Core 1 GHz
– Memori: RAM 768 MB
– Kapasitas simpan data: 4 GB, dapat ditingkatkan dengan MicroSD hingga 32 GB
– Layar: IPS LCD 5 inci WVGA (800 x 400), 187 ppi
– Konektivitas: dual SIM (MicroSIM), Micro-USB, USB 2.0, GPS, Bluetooth 3.0, WiFi 802.11 b/g/n
– Jaringan: WCDMA: 900 MHz, 2100 MHz; GSM: 850 MHz, 900 MHz, 1900 MHz
– Sensor: ambient light sensoraccelerometerproximity sensor
– Kamera utama: 5 MP dengan flash
– Kamera depan: 2 MP
– Dimensi fisik: 141,3 x 77,7 x 10,8 mm
– Bobot: 190 gram
– Baterai: 2.000 mAh (baterai bisa dilepas)
– Sistem operasi: platform Nokia X (Android AOSP)
– Warna: hitam, biru, hijau, merah, putih, dan kuning


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *