Trik Jitu Membeli Smartphone Bekas

Hargatop.com – Trik Jitu Membeli Smartphone Bekas. Smartphone sekarang ini menjadi kebutuhan setiap orang, apalagi orang yang tinggal di daerah perkotaan. Sangat banyak sekali jenis smartphone yang beredar di pasaran, dari spesifikasi rendah sampai spesifikasi yang tinggi pun masih dibagi bagi lagi jenisnya.

Advertisement

Dari harganya pun juga bervariasi, ada yang murah namun bahkan ada yang mencapai puluhan juta. Namun dari harga tersebut juga dapat ditentukan kualitas sebuah smartphone. Semakin mahal harganya memang kualitas dan fiturnya juga semakin mumpuni.

Bagi orang yang memiliki uang lebih memang tak masalah untuk membeli sebuah smartphone berkualitas dan berspesifikasi tinggi. Namun tidak semua orang memiliki banyak uang, tak sedikit yang tidak memiliki banyak uang ataupun sedang berhemat.

Jika orang tersebut sedang menginginkan sebuah smartphone maka dapat mencari jalan alternatif dengan membeli sebuah smartphone bekas atau second. Dalam membeli sebuah smartphone bekas, anda perlu menerapkan beberapa tips berikut ini supaya tidak kecewa pada akhirnya.

Trik Jitu Membeli Smartphone Bekas

Kelengkapan serta kondisi smartphone
Ini menjadi prioritas utama ketika membeli sebuah barang second. Tanyakan kepada penjual apasaja kelengkapannya dan bagaimana kondisinya. Untuk kondisi smartphone, anda bisa mengecek sendiri dari smartphone tersebut. Pastikan smartphone tersebut masih berfungsi dengan baik misalnya speaker, kamera, layar dan lain lainnya.

Harga yang ditawarkan
Sebelum anda membeli sebuah smartphone second pastikan anda mencari referensi harga sebelumnya, mungkin dengan bertanya pada teman, atau konter dan anda juga dapat memanfaatkan internet untuk mencari referensi harga.

Bandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh penjual smartphone, jika lebih mahal maka anda dapat menawarnya dengan acuan pada referensi harga yang sudah anda ketahui terlebih dahulu.

Segel
Trik ketiga ini juga penting untuk mengecek sebuah smartphone bekas. Jika segel masih utuh dan belum terbuka, dapat dipastikan smartphone tersebut belum pernah diservis. Namun jika segel sudah terbuka atau hilang maka mungkin smartphone tersebut sudah pernah rusak. Ini penting karena smartphone yang masih tersegel dapat dipastikan semua komponennya masih ori sehingga lebih tahan lama.

No IMEI
Cara cek nomor Imei smartphone adalah salah satu teknik jitu yang mungkin jarang dilakukan pembeli handphone bekas. Padahal cara ini justru memberikan rasa aman apakah ponsel yang akan dibeli palsu atau asli. Coba simak Cara Cek No IMEI Hp Anda Asli atau Palsu.

Baterai
Salah satu yang penting lagi yaitu baterai atau nyawa dari smartphone. Pastikan smartphone yang akan anda beli baterainya masih aman dan tidak mudah drop. Ini sangat penting bagi yang membeli smartphone dengan baterai tanam, hal itu karena jika baterai tanam sudah rusak atau drop, diperlukan biaya yang lebih untuk mengganti atau memperbaikinya.

Garansi
Trik terakhir yaitu anda harus meminta garansi kepada penjual smartphone. Ini sanga penting untuk berwaspada siapa tahu penjual smartphone tersebut berkata tidak jujur tentang kondisi smartphone yang sebenarnya.

Advertisement

Anda bisa membuat kesepakatan garansi misalnya selama satu minggu atau dalam waktu yang disepakati. Jika sampai di rumah smartphone mungkin rusak, atau charger tidak masuk maka anda dapat meminta garansi kembali kepada penjual.

Trik Jitu Membeli Smartphone Bekas | Rikho Jansen | 4.5